Sabtu, 07 November 2009

Fatimah Az Zahra RA

Fatimah Az Zahra RA, Puteri Kesayangan Muhammad SAW

”Fatimah adalah bagian dariku , siapa yang menyakitinya berarti menyakitiku , siapa yang membuatnya gembira maka ia telah membahagiakanku .” (Al Hadis) Di kalangan suku Quraisy , Fatimah dikenal fasih dan pintar . Ia meriwayatkan hadis dari ayahnya kepada kedua putranya Hasan dan Husein , suaminya Ali bin Abi Thalib , Aisyah , Ummu Salamah , Salma Ummu Rafi’ , dan Anas bin Malik .

Kata ‘Fatimah’ berasal dari suku kata ‘Fathama’ yang berarti menyapih atau menghentikan atau menjauhkan . Sebuah riwayat marfu’ menyebutkan , dinamakan ‘Fatimah’ karena Allah Ta’ala menjamin menjauhkan putri bungsu Nabi SAW berikut seluruh keturunannya dari neraka . Riwayat ini diketengahkan oleh al Hafidz ad-Dimasyqi . Sementara riwayat versi an-Nasa-i menyebutkan bahwa Allah Ta’ala akan membebaskan Fatimah beserta orang-orang yang mencintainya dari neraka .

Fatimah juga disebut al-Battul yang berarti memisahkan , karena kenyataannya ia memang terpisah atau berbeda dari wanita-wanita lain sesamanya , baik dari segi keutamaan , agama dan kecantikannya . Ada yang mengatakan , karena ia memisahkan diri dari keduniaan untuk mendekat kepada Allah Ta’ala .

Semoga aku termasuk salah satu keturunan dari nabi Muhammad dan Fatimah Az Zahra yang di jauhkan dari neraka . Amin ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar