Rabu, 15 Juni 2011

**~** Destinasi Impian Terakhir **~**



Maha Suci Allah, Maha Sempurna Dia.
Alam ciptaanNya, tersusun rapi, terintegrasi indah. Lihatlah langit yang tidak tiang menyangga, 'berdiri' megah di atas kepala. Lihatlah bumi luas, dikeluarkan dari 'perut'nya rezeki-rezeki untuk manusia. Ada pohon-pohonan yang menghasilkan buahan sebagai makanan, ada juga yang paling kurang sebagai tempat berteduh. Semakin dipandang, semakin banyak dan luas keindahan yang dinikmati.

Tindakan Menghasilkan Tindak Balas

Bacalah di bagian mana pun, setiap tindakan pasti akan menghasilkan suatu reaksi. (Act create reaction). Apakah dalam kimia, hukum, hal seperti makan, minum, berjalan, berpikir, hatta semudah bernapas; tindakan-tindakan ini akan menghasilkan reaksi. Apakah secara sadar atau tidak, sekitar kita bereaksi dalam setiap perlakuan dan tindakan kita. Yang utama yg harus diketahui, apakah kita mau menerima reaksi yang terbaik dari Allah Swt dalam setiap perbuatan kita?

Maka utamakanlah pandangan Allah Swt dalam setiap tindakan kita. Usahakanlah untuk mulai dengan Nama Allah Swt dalam setiap tindakan kita yang baik.

Sepanjang perjalanan ada Papan Tanda

Kita adalah Insan, Hamba Allah Swt, Khalifah Allah Swt dan pengabdi diri kepada Allah Swt. Dari kita tidak ke ada; hakikatnya kita berada dalam satu perjalanan. Tujuan kita adalah akhirat yang hanya ada dua rumah. Surga sebagai balasan untuk tindakan-tindakan yang sesuai perintah Allah Swt, atau neraka, sebagai balasan atas tindakan-tindakan yang berdosa yakni yang melanggar perintah Allah Swt. Berdoalah agar kita tidak dimasukkan kedalam neraka. ia adalah seburuk-buruk tempat kembali.

Meskipun sebaik-baik konsep ibadah dalam perjalanan menuju tujuan ini adalah semata-mata karena Allah Swt, tetapi kita di pesan untuk selalu berdoa untuk mendapatkan surga kelak. Yang tentunya yang hanya dapat melihat Allah Swt dan Senyuman Rasulullah Saw adalah PENGHUNI SYURGA saja.

وأزلفت الجنة للمتقين غير بعيد 31 هذا ما توعدون لكل أواب حفيظ 32 من خشي الرحمن بالغيب وجاء بقلب منيب 33 ادخلوها بسلام ذلك يوم الخلود 34

Dan didekatkan surga itu kepada orang-orang yang bertakwa pada tempat yang tidak jauh (dari mereka).
Inilah yang dijanjikan kepadamu (yaitu) kepada setiap hamba yang selalu kembali (kepada Allah) lagi memelihara (semua peraturannya). (Yaitu) orang yang takut kepada Tuhan Yang Maha Pemurah sedang Dia tidak kelihatan (olehnya) dan dia datang dengan hati yang bertobat. Masukilah surga itu dengan aman, itulah hari kekekalan. "(Surah Qaf: 31-34)


Kelayakan

Mereka yang layak untuk kembali ke tempat asal mereka berdiri di hadapan Allah, sebagaimana yang telah disebutkan dalam al-Qur'an, akan menerima buku amalan mereka yang memiliki segala catatan saat mereka hidup di muka bumi dengan tangan kanan. Mereka tidak akan merasa susah dengan PerHinTunGan praktek mereka. Mulai saat itu, mereka akan hidup dengan penuh kenikmatan. Orang-orang yang beriman diberi kabar gembira dengan kondisi yang menyenangkan di dalam banyak ayat al-Qur'an:

فأما من أوتى كتبه بيمينه 7 فسوف يحاسب حسابا يسيرا 8 وينقلب إلى أهله مسرورا 9
Adapun orang yang diberikan kitabnya dari sebelah kanannya, maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah, dan dia akan kembali kepada kaumnya (yang sama-sama beriman) dengan gembira. (Surah al-Inshiqaq: 7-9)

Tujuan Akhir

Mukmin yang sukses mendapatkan kehidupan ini akan disambut oleh malaikat-malaikat dengan ucapan, "Kesejahteraan (dilimpahkan) ke atasmu. Berbahagialah kamu. Maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal di dalamnya," (Surah az-Zumar: 73) Setelah itu, mereka akan dibawa ke surga beriringan dan masuk ke dalamnya dengan tenteram dan aman ...

أولٮك يجزون ٱلغرفة بما صبروا ويلقون فيها تحية وسلما 75 خلدين فيها حسنت مستقرا ومقاما 76

Mereka itu orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya.
Mereka kekal di dalamnya. Surga itu sebaik-baik tempat menetap dan tempat kediaman (QS Al-Furqan: 75-76)

Dalam salah satu hadits Rasulullah SAW memberi gambaran surga seperti berikut: "Bila penghuni surga memasuki surga, pembuat pengumuman akan mengumumkan: (engkau telah dijamin Allah bahwa) engkau akan hidup di dalamnya dan kamu tidak akan mati; engkau akan hidup sehat di dalamnya dan tidak akan jatuh sakit; engkau akan selalu muda dan tidak akan menjadi tua; engkau akan selalu dalam kedamaian dan tidak akan merasa sengsara "[Riwayat Muslim]

Bersama orang-orang tersayang

Orang-orang yang beriman merasa sangat gembira menghabiskan waktu bersama saudara mereka yang benar-benar mengabdikan diri kepada Allah. Oleh itu, memikirkan akan bersama-sama mereka lagi di dalam surga adalah satu sumber motivasi yang kuat kepada mukmin yang cenderung dengan sentimen ini. Namun, hubungan ini tidak hanya terbatas pada beberapa tahun saja, sebagaimana di dunia, tetapi hubungan ini akan kekal abadi. Jadi, kita kenalah mengajak orang-orang yang kita sayang di dunia dan ingin bersama mereka di akhirat (Inilah kasih sayang SEJATI) sama-sama mengikuti perintah Allah Swt.

جنت عدن يدخلونہا ومن صلح من ءاباٮہم وأزوٲجهم وذريتہم وٱلملٮكة يدخلون عليہم من كل باب 23
سلم عليكم بما صبرتم فنعم عقبى ٱلدار 24

(Yaitu) surga 'Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, istri-istrinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu; (sambil mengucapkan)
; "Salamun alaikum bima sobartum. Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu." (Surah ar-Ra'd: 23-24)

Artikel iluvislam.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar