Jumat, 17 Juni 2011

**~** Hidup Terasa Damai **~**



Kata "hati" diterjemahkan dari kalimat "qalb" (jamak, "qulub").
Selain maksud biasa, yaitu "tempat perasaan", ia juga berarti tempat untuk memahami seperti ada di ayat 7:179 - "mereka memiliki hati, tetapi tidakmemahami dengannya".

Memiliki Hati Yang Damai

Memiliki jiwa yang menerima seadanya tanpa angan-angan kosong tidak berpijak di alam nyata, tidak ada tekanan. Inilah nikmat untuk hati yang selalu bersyukur. Seorang yang pandai bersyukur sangat memahami sifat Allah SWT. Apa saja diberikan Allah kepadanya, ia terasa sungguh berhutang budi, berterima kasih, terpesona dengan pemberian dan keputusan Allah. Bila berhadapan kesulitan, terus mengingat sabda Rasulullah SAW yang artinya: "Jika kita sedang susah perhatikanlah orang yang lebih susah dari kita. Bila diberi kenikmatan, ia bersyukur dengan menggandakan amal ibadahnya, kemudian Allah akan mengujinya dengan kenikmatan lebih besar lagi. Kapan ia tetap istiqamah dengan terus bersyukur, maka Allah akan mengujinya lagi dengan kesulitan yang lebih besar lagi. "

إنما ٱلمؤمنون ٱلذين إذا ذكر ٱلله وجلت قلوبہم وإذا تليت عليہم ءايته زادتہم إيمنا وعلى ربهم يتوكلون

Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu (yang sempurna imannya) ialah mereka yang apabila disebut nama Allah (dan sifat-sifatNya) gemetarlah hati mereka dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-Nya, menjadikan mereka bertambah iman dan kepada Tuhan mereka jualah mereka berserah.
(Surah Al-Anfal 8: Ayat 2)

iLuvislam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar