Jumat, 17 Juni 2011

**~** Dunia Menuju Akhirat **~**



Maka, kehidupan duniawi adalah jembatan yang menyampaikan kita ke alam akhirat sementara kehidupan ukhrawi itulah kehidupan yang maha kekal lagi tiada penghujungnya.
Dalam kata-kata yang lain, kehidupan dunia ini adalah bidang persediaan dan persiapan umat manusia sebelum untuk kehidupan akhirat yang kekal sepanjang zaman.

Sudahkah kita siap dan mempersiapkan diri kita ke sana? Sadar atau tidak, kita semua sebenarnya dalam perjalanan menuju kehidupan menuju akhirat. Perjalanan kita di atas dunia ini ibarat melalui sebuah jembatan yang harus dilalui oleh setiap manusia sebelum menempuh atau sampai ke alam akhirat.

Dari Sayyidina Anas Bin Malik rh, telah bersabda Rasulullah Nabi Saw:

ليس بخيركم من ترك الدنيا للآخرته ولا الآخرته للدنياه حتى يصيب منهما جميعا. فإن الدنيا بلاغ إلى الآخرة ولاتكونوا كلا على الناس
رواه ابن عساكر

Maksudnya: Bukanlah sebaik-baik kamu yang meninggalkan dunia untuk akhiratnya dan akhirat untuk dunianya sehingga dia mendapat semua dari keduanya. Sesungguhnya dunia adalah jalan menuju akhirat, dan janganlah kamu menjadi beban tanggungan ke atas manusia. (HR. Ibnu A'sakir)

Maka, kehidupan duniawi adalah jembatan yang menyampaikan kita ke alam akhirat sementara kehidupan ukhrawi itulah kehidupan yang maha kekal lagi tiada penghujungnya. Dalam kata-kata yang lain, kehidupan dunia ini adalah bidang persediaan dan persiapan umat manusia sebelum untuk kehidupan akhirat yang kekal sepanjang zaman.

Sudahkah kita siap dan mempersiapkan diri kita ke sana?

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu akan ampunan dan kesehatan pada agama, dunia, dan akhirat."

لهم ٱلبشرى فى ٱلحيوة ٱلدنيا وفى ٱلأخرة لا تبديل لڪلمت ٱلله ذٲلك هو ٱلفوز ٱلعظيم

Untuk mereka sajalah kebahagiaan yang menggembirakan di dunia dan di akhirat; tidak ada (perubahan pada janji-janji Allah yang demikian itulah kemenangan yang besar.
(Surah Yunus 10: Ayat 64)

iLuvislam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar